Mempelajari Saksi Sejarah Penjajahan Jepang di Goa Jepang Kaliurang

Kita semua pasti telah mengetahui bahwa negara kita pernah dijajah oleh Jepang sekitar 3,5 tahun lamanya, dan selama masa penjajahan itu Jepang telah menyisakan berbagai peninggalan sejarah di seluruh penjuru daerah yang ada di indonesia, tak terkecuali di Yogyakarta. Salah satu peninggalan sejarah Jepang yang banyak tersebar di Indonesia yaitu goa, dan di Yogyakarta terdapat satu goa yang dijadikan tempat wisata karena nilai sejarahnya yang cukup tinggi, goa yang dimaksud adalah Goa Jepang.

Sebenarnya goa yang ada di Yogyakarta terbilang cukup banyak, salah satu yang cukup terkenal di telinga masyakarat sekitar adalah Goa Jepang yang letaknya berada di Gunung Merapi bagian selatan, tepatnya berada di Kecamatan Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berangkar dari arah kota, kurang lebih jarak yang musti kamu tempuh ialah sekitar 27 Km. Sesampainya di sana, dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk sampai di Goa Jepang Kaliurang, dan jangan lupa sebelum itu kamu diharuskan membeli tiket terlebih dahulu ya.

Kamu tidak perlu kaget dengan rute yang nanti kamu temukan, karena akan memaksamu untuk naik seolah sedang mendaki gunung. Tapi kamu tak usah khawatir, akses jalan yang tersedia sudah cukup aman, karena pihak pengelola dari Taman Nasional Gunung Merapi telah membangun jalan dari batu. Tak jauh dari sana, kamu akan menemukan percabangan jalan yang mengarah ke Bukit Plawanga. Sekitar 45 menit waktu tempuh yang sudah kamu lalui, kamu akan sampai di lokasi tujuan yakni di Goa Jepang dan kamu akan langsung disambut dengan pintu goa di samping jalan.

Di Goa Jepang ini, terdapat bebeapa mulut goa yang tersambung satu sama lainnya, di goa ini akan sangat gelap sekali karena kamu tidak akan menemukan alat bantu penerangan sama sekali, dan cahaya matahari pun tidak tembus ke dalamnya. Bagi kamu yang ingin menjelajahi Goa Jepang Kaliurang ini sekaligus mengetahui seputar sejarahnya, lebih baik kamu didampingi oleh pemandu ya.