Memancing dari Atas Tebing di Pantai Nungguran

 

Di Gunungkidul, wisata pantainya terkenal denga tipikal ombak yang besar dan terbilang ganas. Namun, Pantai Nungguran ini salah satu pantai yang ombaknya tenang. Suasana pantainya yang cenderung sepi juga cocok untuk dijadikan pilihan tempat camping.

Meskipun ombaknya yang terbilang tenang, namun pantai dengan tepian berupa tebing ini tidak cocok untuk kegiatan berenang atau bermain air. Rock Fishing adalah kegiatan yang bisa dipilih untuk menikmati keindahan Pantai Nungguran.

Kita harus berhati-hati karena tebingnya yang curam. Untuk bisa melakukan kegiatan rock fishing, kita hanya perlu duduk di sisi tebing dan melemparkan kail ke laut, lalu menunggu ikan atau lobster menghampiri umpan. Ketika menunggu, mungkin kita akan merasa bosan. Dengan begitu, ada baiknya kita membawa bekal makanan sambil menyantap, sambil menikmati semilir angin laut.

Karena lokasinya berupa tebing, tempat ini cocok untuk berburu sunset dan sunrise juga. Horizon pantainya membuat siapa saja bisa menebarkan pandangan sejauh mungkin. Apa lagi ketika sunset, begitu romantis dan dramatis pemandangannya.

Pantai ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, KabupatenĀ Gunungkidul. Gesing adalah pantai yang paling dekat dengan pantai ini. DariĀ Kota Jogja, kamu bisa mencapai lokasi pantai ini sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Rute yang bisa kamu lalui adalah Jl. Imogiri ke arah Panggang. Dari sana ke arah Desar Girikarto. Pada pertigaan Bolang belok ke kanan menuju Pantai Gesing, dan dari sana kamu bisa menanyakan kepada penduduk setempat karena belum ada papan penunjuk yang mengarahkan wisatawan ke pantai ini.

Seperti pantai-pantai lainnya, menuju Pantai Nungguran ini kita dikenai biaya retribusi sebesar Rp.3.000,- per-orang, kemudian biaya parkir Rp.5000,- per motor. []