Melepas Penat di Ketinggian 900 Meter MDPL Bukit Ngisis

Pesona keindahan Bukit Ngisis sudah cukup terkenal berkat media sosial. Foto-foto yang disebar oleh para pemegang akun wisata membuat keteran bukit ini semakin santer dan membuat banyak orang penasaran dengan keindahannya.

Obyek wisata bukit di daerah Yogyakarta memang menjadi salah satu primadona yang menjadi daftar para pengunjung diantara banyak sekali obyek-obyek wisata lainnya. Beberapa objek wisata bukit yang berada di area Jogja dan sekitarnya diantaranya, Bukit Nglanggeran, Bukit Panguk Kediwung, Bukit Parang Endog, Bukit Lintang Sewu, Bukit Ngisis, dlsb,

Bukit Ngisis terletak di Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk menuju langsung ke Bukit Ngisis, tidak ada untuk akses kendaraan bermotor. Tetapi hanya bisa diakses dengan berjalan kaki hingga ke puncak bukit.

Bukit-bukit yang disebut di atas menawarkan keindahannya masing-masing. Secara keseluruhan bukit-bukit ini pada dasarnya menyajikan pemandangan indah nan asri yang menyejukkan. Namun tetap saja terdapat perbedaan dan daya tariknya masing-masing. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh perbedaan daerah, fasilitas, ragam dan kelebatan pepohonannya, ataupun perbedaan lainnya.

Nah, lalu hal apa yang ditawarkan oleh Bukit Ngisis ini?

Dinamakan Bukit Ngisis karena udara di sini sangat sejuk. Kata Ngisis sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti aktivitas mencari angin yang sejuk dan sepoi-sepoi. Nama Ngisis sendiri disinyalir menjadi salah satu daya tarik yang membuat para wisatawan penasaran tentang bagaimana keindahan Bukit Ngisis yang sebenarnya.

Di Bukit Ngisis pun terdapat kebun teh beserta suasana pedesaan yang ramah dan membuat pengunjung betah berada lama-lama di sini. Secara astronomis, bukit ini pun menjadi titik nol dari perbukitan tempat kebun teh Nglinggo berada.

Sebagaimana bukit-bukit lainnya, bukit yang berada di ketinggian 900 meter dari permukaan laut ini sering dijadikan tempat oleh para pengunjung sebagai tempat menikmati terbit atau terbenamnya matahari. Selain itu, spot-spot yang tersedia di sini pun sangat boleh dan pantas diangkat ke media sosial berkat keunikan dan keindahannya. Dan lain yang lebih unik, dari sini kita pun bisa melihat keindahan beberapa Gunung yang berada di area Jogja dan sekitarnya seperti Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.