Lubang Sewu Erorejo, Grand Canyon Mini Yang Ada di Jawa Tengah

Kalau kamu pernah mengunjungi kawasan Dieng, kawasan yang terkenal dengan sebutan Negeri di Atas Awan ini, pastinya kamu sudah tidak asing lagi mendengar pengakuan dari warga sekitar, backpacker atau para wisatawan bahwa Dieng adalah kawasan yang menyuguhkan keindahan alam yang tiada tara pesonanya. Kawasan Dieng sendiri berada di Kota Wonosobo, kota yang sejuk ini belakangan memiliki wisata yang masih terbilang baru yaitu Lubang Sewu Erorejo, sama halnya dengan Dieng, Lubang Sewu Erorejo ini memiliki pemandangan yang tak kalah menawannya.

Walaupun terbilang baru Lubang Sewu Erorejo ini mulai banyak diburu, utamanya berkat foto-foto keren yang tersebar di media sosial. Sehingga membuat warganet kepo ada apa di dalamnya, yang paling menjadi pusat perhatian yakni keindahan batu karangnya yang terlihat gagah seperti grand canyon, namun dalam versi mini. Bebatuan yang membentuk seribu lubang cantik inilah yang banyak diburu oleh wisatawan, ditambah keajaiban yang tampak saat matahari tenggelam.

Menurut sejarah, tempat ini sudah ada sejak zaman dahulu. Dan dijadikan sebagai tempat memancing ikan dari warga setempat, nama Lubang Sewu Erorejo sendiri asal muasalnya karena terlihat ribuan lubang dan batu yang terkikis oleh air seperti karang saat keadaan air surut. Destinasi wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai destinasi wisata musiman, karena kadang bebatuan tersebut tenggelam saat musim hujan.

Lokasi Lubang Sewu Erorejo sendiri berada di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobi, tepatnya berada di kawasan sekitar Waduk Wadaslintang. Rute untuk menuju lokasi ini kamu harus melalui perbatasan antara Wonosobo dan Kebumen, kalau kamu dari arah Kota Wonosobo maka kamu aka melewati arah Banjarnegara hingga sampai perempatan Sawangan, lalu melewati Kaliwiro dan menuju ke Wadaslintang, sudah terpampang jelas tulisan Desa Wisata Erorejo Lubang Sewu, jarak yang ditempuh jika melalui Wonosobo sekitar 43 km.

Bebatuan yang berjejer rapih dan berdiri gagah adalah daya tarik utama dari Lubang Sewu Erorejo ini, tapi selain itu terdapat beberapa objek yang bisa kamu nikmati yang tak kalah indahnya yaitu Keindahan Waduk Wadaslintang, Bebatuan lubang sewu itu sendiri, pemandangan matahari tenggelam di atas Waduk, lokasi pemancingan, gazebo dan masih banyak lagi lainnya.