Lokasi Wisata Karst Tubing Surobayan

Di Yogyakarta ada beberapa destinasi wisata terkenal yang aktifitas utamanya adalah menawarkan susur sungai, seperti Cavetubing Kalisuci, Cavetubing Pindul, ataupun Geotubing Lava Bantal. Tak kalah menarik dari nama-nama populer itu, ada juga destinasi wisata serupa namun memiliki ciri khas yang berbeda, yaitu adanya tebing-tebing karst tinggi menjulang tinggi di kanan-kirinya, namanya Karst Tubing Surobayan. Bagi kamu yang terlahir di kota-kota besar, sensasi menyusuri sungai terbilang jarang, maka dari itu cobalah sesekali.

Pembeda lainnya Karst Tubing Surobayan dari destinasi-destinasi serupanya ialah, untuk menyusuri sungainya kamu tidak perlu masuk ke dalam gua, seperti halnya di Cavetubing Pindul atau Geotubing Lava Bantal, melainkan menyusuri sungai terbuka sehingga sangat cocok bagi kamu yang phobia dengan tempat gelap nan sempit. Segala jenis usia bisa melakukan aktifitas susur sungai d sini, karena fasilitas pendukung yang tersedia sudah cukup aman, seperti jaket pelampung dan ban yang bisa dijadikan sebagai pengganti boat, jadi kamu tak perlu khawatir tenggelam ya.

Jarak tempuh di sungai ini memiliki 2 jalur, jalur yang pertama berjarak 900 meter sedangkan jalur kedua berjarak sekitar 1,2 Km. Kedalamannya pun bervariasi, mulai dari selutut hingga 2 meter. Di sepanjang susur sungai, kamu akan dimanjakan dengan pesona keindahan alam yang ada di sekelilingnya. Mulai dari tebing-tebing karst, rimbunnya pepohonan hingga jalur yang akan melewati perkebunan warga. Selama mengarungi sungai, kamu akan diajak berhenti sejenak oleh pemandu di beberapa titiknya untuk menunjukkan spot-spot yang cukup menjanjikan untuk diabadikan.

Wisata Karst Tubing Surobayan ini berlokasi di Dusun Surobayan RT 3, Kelurahan Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Jika kamu datang dari arah kota, kamu bisa mengikuti jalan utama menuju Kota Wates Km 9,5. Lalu dalam jarak kurang lebih 300 meter, kamu akan menemukan pertigaan, ambillah jalan ke kiri. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.