Kemegahan Museum Gunung Merapi Yogyakarta

Salah satu museum yang wajib kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta yaitu Museum Gunung Merapi, ya, Gunung Merapi merupakan ikon penting yang dimiliki Kota Pelajar ini. Di sini kamu akan menemukan segala aktifitas maupun kesejarahan yang berhubungan dengan Gunung Merapi, di dalamnya kamu akan banyak mempelajari terkait informasi Gunung Merapi, tentang bencana geologi yang sifatnya rekreatif hingga sumber-sumber informasi penting terkait bencana lainnya. Lokasi Museum Gunung Merapi ini berada di pusat kawasan objek wisata kaliurang, yang jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 5 km.

Di sini kamu akan mendapat pelajaran penting seputar aktifitas gunung yang masih aktif, tak terkecuali Gunung Merapi itu sendiri. Mulai dari sadar akan kewaspadaan dan kebermanfaatan yang dihasilkan dari letusan gunung berapi, gempa, erupsi, dan lain sebagainya. Dilengkapi dengan koleksi-koleksi gambar serta video tentang gempa dan letusan gunung api, membuatmu semakin mudah untuk mencerna dan memahaminya, dan juga tempat ini menjadi pilihan tepat untuk belajar dan berwisata.

Museum Gunung Merapi mulai diresmikan oleh Purnomo Yusgiantoro, selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada tanggal 1 Oktober tahun 2009. Luas bangunannya sekitar 4,470 yang berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare, museum ini memiliki semboyan Merapi Jendela Bumi. Saat kamu mengunjungi museum ini, kamu akan menemukan dua lantai. Lantai yang pertama kamu akan melihat foto bagaimana erupsi Gunung Merapi, hingga ke peralatan pengamatan seperti seismograf, radi dan komputer yang bisa membuatmu melihat secara dekat.

Lantai kedua, kamu akan menikmati replika merapi dari atas. Selain dua lantai tersebut, kamu juga bisa mendapati alat-alat peraga untuk simulasi yang ditampilkan dalam LCD. Peraga yang ditampilkan ada dua jenis, yaitu peraga gempa bumi dan peraga bencana tsunami, tak hanya itu kamu juga bisa mendapati replika gunung. Yang uniknya, di sini tersedia bioskop mini yang berisikan film dokumentasi yang bertajuk Mahaguru Merapi. Jika kamu sering mendengar mitos-mitos yang terjadi di Gunung Merapi, di sini diajarkan wawasan yang sebenarnya.