Keindahan Sempurna Sunset di Candi Ratu Boko

Sebutan Kota Budaya yang kerap disematkan pada Daerah Istimewa Yogyakarta, memang benar belaka adanya. Terdapat ribuan situs serta tempat wisata yang bernilai sejarah tinggi di sini, dan para pelancong pun tak ragu untuk mendatanginya satu per satu. Tapi tidak sedikit dari wisata-wisata sejarah yang ada di Indonesia dipandang sebelah mata, sebab suguhan yang ada di dalamnya mayoritas terkesan monoton dan tidak menarik, tapi itu tidak berlaku bagi Candi Ratu Boko.

Tempat wisata bersejarah yang satu ini, menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan yang dimiliki Yogyakarta. Sebab, tempat ini menyuguhkan pemandangan indah serta menawan, panorama yang ditawarkan dari tempat ini pun sangat mempesona. Apalagi kala sunset sore muncul, keindahan yang akan Anda dapatkan nampak begitu sempurna.

Candi Ratu Boko sendiri terletak di Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah. Dari pusat kota Yogyakarta letaknya sekitar 17 km ke sebelah timur. Akses yang tersedia untuk menuju ke lokasi ini pun relatif mudah. Anda hanya tinggal menyusuri Jl.Raya Jogja-Solo dan tak jauh dari situ Anda akan mendapati pertigaan objek wisata Candi Prambanan, setelah sudah sampai situ Anda ambil arah kanan, sekitar 3 km dari pertigaan itu Anda akan sampai.

Konon Candi Ratu Boko dahulu difungsikan untuk benteng pertahanan pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, ia merupakan pengikut Budha. Lahannya yang seluas 250.000 m2 dibagi menjadi empat wilayah. Bagian tengah difungsikan sebagai gapura utama, paseban, pembakaran, kolam, lapangan dan tumpukkan bebatuan kuno. Di bagian tenggara terdapat bangunan yang berbentuk balai atau pendopo, sedangkan di bagian barat terdapat Stupa Budha, kompleks gua disertai kolam juga.

Selain Anda bisa menikmati peninggalan situs-situs bersejarah yang ada di dalamnya, Anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Jogja dari area Candi Ratu Boko ini, pemandangan itu dilengkapi dengan pemandangan Candi Prambanan yang tak jauh dari lokasi Candi Ratu Boko, dengan latar Gunung Merapi yang menjulang gagah.

Anda pun tidak perlu khawatir perihal kuliner, ada banyak restoran lezat dan ikonik di sekitaran area Candi Ratu Boko ini. O ya, untuk informasi biaya yang dikenakan untuk masuk ke Candi Ratu Boko ini adalah sebesar Rp. 25.000 per orang, dengan tambahan biaya parkir yang kurang lebih sebesar Rp.5000.