Kampung Anggur Bantul, Kampung Buah  yang Tak Kenal Musim

Bila anda berasal dari luar kota Jogja dan ingin menghabiskan akhir pekan, rasanya tidak akan puas bila hanya satu atau dua hari. Terlalu banyak objek wisata yang patut dikunjungi untut melepas penat. Namun jangan khawatir, karena Kampung Anggur Bantul menawarkan wisata dengan daya tarik tersendiri.

Sesuai dengan namanya, objek wisata ini berlokasi di Bantul, yang berada di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Tepatnya di Desa Plumbungan, Gedongan, Sumbermulyo, Bambang Lipuro, Kabupaten Bantul. Atau untuk rutenya, kita bisa melihat juga melalui google maps.

Kampung Anggur ini bukanlah sebuah perkebunan luas yang panas dan bertanah. Objek wisata ini berada di area perkampungan, tepatnya di halaman rumah penduduk setempat. Yang mana mereka menyulap halaman kosong tersebut menjadi sebuah kebun yang bersih dan bebas debu. Dari jumlah rumah yang ada, yaitu 140 rumah, 70 diantaranya telah mengubah halamannya menjadi kebun anggur yang selalu siap panen.

Untuk memasuki kampung anggur ini tidak ada biaya tiket alias gratis. Biaya yang dikeluarkan adalah bila kita ingin memetik buah anggur ketika berkunjung. Semacam membeli buah tapi dari pohonnya langsung. Kita cukup membayar Rp.100.000,- utnuk tiap kilo buah yang kita petik. Sedangkan bila ingin membeli bibit pohon anggur, harganya dibanderol sekitar Rp.120.000 per-pohon.

Selain kita bisa memetik sendiri, juga bisa membeli bibit pohon anggur yang siap tanam, warga di sana juga akan memberikan pengetahuan tentang buah anggur ini.

Anggur yang berada di Kampung Anggur Bantul ini bukanlah anggur biasa. Jenis anggur yang ditanam adalah Anggur Varietas Ninel yang didatangkan dari Ukraina. Kelebihan anggur jenis ini yaitu tidak mengenal musim panen, sehingga anggur-anggur di kampung wisata ini selalu siap panen kapan pun anda datang berkunjung.

Bukan hanya berbuah sepanjang tahun saja. Tanaman di kampung Anggur ini mudah dikembangbiakkan dengan cara okulasi dan stek. Cara inilah yang memiliki daya tahan yang baik terhadap penyakit dan cuaca. Ketika kita berkunjung, para warga juga akan memberikan arahan tentang cara merawatnya.

Demikianlah informasi tentang Kampung Anggur Bantul. Semoga bisa menambah refrensi berwisata. []