Kalen Edukasi Lupatmo: Bukan Sekadar Selokan

 

Warga yang baik adalah warga yang memelihara lingkungan sekitarnya. Inilah yang dilakukan oleh warga di Dusun Manggung, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul. Mereka mengubah air selokan, berkat krreatifitasnya, menjadi wahana edukasi.

Warna-warni layaknya permen menjadi ornamen mencolok mata yang menghias tembok-tembok selokan. Para warga yang lewat selokan ini tak jarang menyempatkan diri untuk mengambil gambar atau berswafoto. Lantas, apa yang istimewa dengan selokan warna-warni ini?

Selokan ini selain diubah suasananya, juga ikut diubah fungsinya. Kamu bisa melihat ikan dalam akuarium kini terpampang dialiran selokan sepanjang 150 meter, saking airnya yang begitu jernih dan ikan-ikannya yang sehat-sehat.

Kalen Edukasi Lupatmo nama tempat wisata ini, Luaptmo adalah akronim dari Telu Papat Limo, yang merupakan bahasa Jawa untuk letak no RT tempat selokan ini memanjang: 3, 4, 5. Sementara Kalen sendiri adalah bahasa Jawa untuk selokan.

Bentuk edukasi yang diberikan oleh Kalen Edukasi Lupatmo adalah berupa memberi pemahaman kepada masyarakat betapa pentinya merawat dan melestarikan lingkungan. Kalen Edukasi Lupatmo sendiri berangkat dari keresahan warga setempat akan sampah-sampah yang menumpuk dan menyumbat aliran selokan. Maka pada 2017 munculah sebuah gagasan untuk menyulap selokan. Bukan saja bersih tapi juga memiliki nilai lebih. Upaya ini efektif. Selain menjadi bersih, selokan ini pun menjadi cantik.

Pemilihan jenis ikan mulai dari ikan mas, nila, nilam, tombro dan sejenisnys dinilai lebih sesuai. Hal ini karena jelas lebih sedap dipandang mata daripada yang sebelumnya dengan adanya ikan lele dan bawal. Dan lain daripada yang lain, untuk memberi kesan indah ditambahkanlah beberapa jembatan dan kincir angin.

Tak ada tarif sepeserpun bila kamu mengunjungi Kalen Edukasi Lupatmo, akan tetapi bila kamu ingin memberi ikan-ikannya pakan, kamu cukup memberikan sejumlah uang dengan nominal cukup kepada pengelolanya. Biaya itu digunakan untuk membeli pakan sehingga bisa digunakan pengunjung yang akan datang.

Yuk, ajak keluarga atau teman-temanmu ke sini.