Ini Dia Destinasi Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Bagi  Anda yang ingin menghabiskan liburan  Anda di daerah Yogyakarta, disini kami akan merekomendasikan berbagai tempat wisata yang harus  Anda kunjungi. Kota Yogyakarta yang biasa dikenal dengan kota gudeg banyak menyajikan berbagai destinasi wisata yang memiliki keunikan masing-masing dan perlu kita eksplor saat berkunjung kesana.

Berbagai wisata yang dihadirkan di Jogja tidak kalah menariknya dengan wisata di daerah lainnya loh. Terbukti dengan ramainya kunjungan di tempat wisata yang ada di Yogyakarta ini pada saat memasuki masa liburan sekolah. Bagi  Anda yang belum mengetahui apa saja tempat wisata di jogja ini,  mari kita simak ulasan beberapa tempat wisata di Yogyakarta berikut ini.

Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta yang Populer

Berikut akan kami jelaskan nama nama tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi antara lain.

Menelisik Sejarah Jogja di Keraton Yogyakarta

Tempat wisata di Yogyakarta pertama yang harus  Anda kunjungi adalah Keraton Yogyakarta. Tempat wisata ini menyajikan wisata budaya, disana Anda bisa melihat berbagai macambarang-barang kesultanan yang dipamerkan dalam setiap ruangan.

Di dalam Keraton Yogyakartaini juga merupakan istana raja yang digunakan sebagai tempat tinggal mereka. Keraton Yogyakarta terletak di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Kraton Yogyakarta. Wisata ini gratis tanpa dipungut biaya loh.

Anda dapat mengunjungi Keraton Yogyakarta pada pagi hari karena tempat wisata ini hanya dibuka pagi hari hingga jam 2 siang loh. Bila Anda ingin mengetahui secara detail setiap barang-barang kerajaan yang di pamerkan disana,  Anda dapat menyewa pemandu yang ada di Keraton Yogyakarta dengan harga terjangkau loh.

Menarik sekali bukan? Anda akan berjalan ditemani olehpemandu keraton yang akan menjelaskan tentang sejarah keraton dan arsitektur yang ada di Keraton Yogyakarta.

Melihat Keindahan Arsitektur Candi Prambanan

Tempat wisata di Jogjayang tidak kalah menariknya adalah Candi Prambanan. Tentu  Anda tidak asing lagi dong denganwisata Candi Prambanan. Ya, Candi Prambanan sudah terkenal diseluruh Indonesia bahkan sudah ditetapkan sebagai situs berserjarah oleh UNESCO. Hal itu juga membuat banyaknya wisatawan lokal maupun asing sering mengunjungi tempat wisata Candi Prambanan ini loh.

Candi Prambanan ini terletak di Bokoharjo, Sleman Regency Yogyakarta. Untuk harga tiket dewasa dibandrol dengan harga Rp. 30.000 dan untuk harga tiket anak anak dibandrol dengan harga Rp. 12.500. Bagi  Anda yang ingin berlama lama menikmati indahnya Candi Prambanan, disana juga disediakan penginapan  dengan harga Rp. 450.000 per malamnya,  Anda sudah dapat seharian menikmati indahnya Candi Prambanan ini.

Jalan Malioboro, Tempat Wisata Jojga Malam Hari

Tempat wisata di Yogyakarta lainnya ada wisata jalan Malioboro. Pada Malioboro ini tersedia berbagai oleh oleh khas Yogyakarta yang dapat dijadikan buah tangan untuk diberikan kepada sanak saudara di rumah. Oleh oleh yang ditawarkan sangat kental dengan sentuhan adat jawa khas Yogyakarta yang sangat unik. Berbagai oleh oleh dijual di Malioboro antara lain aksesoris, baju, sandal, mainan, kue khas Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Malioboro beralamatkan di Jalan Malioboro, Gedong Tengen, Yogyakarta. Bagi  Anda yang ingin sekedar beristirahat sejenak,  Anda dapat bersantai di pinggir jalan Malioboro dengan menikmati pertunjukkan yang tersaji disana. Pertunjukkan tersebut biasanya meliputi live musik, pelukis pinggir jalan, dan lain sebagainya. Bagi  Anda yang ingin menikmati indahnya Malioboro,  Anda dapat menyewa penginapan dengan harga Rp. 300.000 per malamnya.

Eksotisnya Arsitektur Khas Candi Borobudur

Selanjutnya tempat wisata Jogja yang dapat  Anda kunjungi yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur yang sudah dikenal oleh masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Candi Borobudur ini sudah diakui keberadaannya oleh UNESCO sebagai warisan dunia dan termasuk 7 keajaiban dunia.  Candi ini merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia.

Bila dilihat dari atas, Candi Borobudur menyerupai daun teratai yang dapat  Anda nikmati pada saat matahari terbit dan terbenam. Candi Borobudur terletak kurang lebih 40km barat laut dari Yogyakarta. Dilengkapi dengan 72 stupa yang ada di Candi Borobudur membuat para wisatawan lokal dan mancanegara selalu ingin mengabadikan momen liburannya disana.

Parang Tritis, Wisata Pantaidi Jogja yang Mempesona

Tempat wisata jogja yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah wisata Pantai Parang Tritis. Pantai Parang Tritis sangat indah bila dinikmati ketika matahari terbenam karena menyajikan suasananya yang sangat romantis dan elok untuk dinikmati.  Anda dapat menikmati pantai dengan berjalan di tepi pantai atau dapat juga menyewa andong untuk menikmati pinggiran pantai.

Pantai Parang Tritis ini terletak di Jalan Parangtritis Yogyakarta. Harga tiket di Pantai Parang Tritis ini dibandrol dengan Rp. 3000 per orangnya. Sangatlah terjangkau bukan? Anda juga dapat menyewa penginapan dengan harga Rp. 50.000 per malamnya. Dengan harga penginapan yang terjangkau,  Anda sudah dapat bermalam dengan menikmati matahari terbenam dan terbit di Pantai Parang Tritis.

Taman Pintar, Tempat Wisata Edukasi di Jogja

Tempat wisata jogja selanjutnya adalah Wisata Taman Pintar. Wisata Taman Pintar menyajikan wisata edukasi dan pembelajaran anak anak di Yogyakarta. Seringkali Wisata Taman Pintar ini menjadi salah satu tujuan keluarga dan sekolah sekolah yang mengadakan study tour ke Yogyakarta.

Wisata Taman Pintar beralamatkan di Jalan Panembahan Senopati No 1 – 3 Gondomanan, Yogyakarta. Harga tiket dibandrol untuk dewasa dengan harga Rp. 18.000 per orang dan untuk anak anak dengan harga Rp. 10.000 per orang. Sangatlah terjangkau kan, yuk bagi  Anda yang akan berlibur bersama anak anak, segera kunjungi Wisata Taman Pintar ini. Anda juga dapat menyewa penginapan dengan harga Rp. 120.000 per malamnya.

Monumen Jogja Kembali, Wisata Edukadi di Yogyakarta

Tempat wisata selanjutnya adalah Wisata Monumen Jogja Kembali atau biasa disebut Monjali. Wisata Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu wisata bersejarah atau biasa disebut museum yang berisi benda benda dan saksi bisu sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di Monjali,  Anda dapat mengajak anak anak  Anda untuk mengajarkan dan mengenali sejarah Indonesia tentang penjajahan dan kemerdekaan Indonesia.

Wisata Monumen Jogja Kembali beralamatkan di Jalan Ringroad Utara, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Harga tiketnya dibandrol dengan harga Rp. 10.000 per malamnya. Bila  Anda sudah memasuki Monjali ini,  Anda dapat mencoba wahana air yang ada di depan Monjali tersebut untuk sekedar santai dan melemaskan kaki setelah berkeliling menyusuri Monjali tersebut.

Bonbin GembiraLoka, Wisata Keluarga di Jogja

Selanjutnya ada Wisata Bonbin Gembira Loka yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga anda. Wisata Bonbin Gembira Loka merupak tempat wisata kebun binatang yang sering kali dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Wisata ini juga dikenal dengan museum binatang yang menjadikannya sebagai museum tertua setelah Museum Sonobudoyo.

Dalam Wisata Bonbin Gembira Loka  Anda dapat mengajak keluarga untuk mengenal aneka hewan langka dan juga hewan yang sudah diawetkan disana. Wisata Bonbin Gembira Loka terletak di Jalan Kebun Raya No. 2, Kotagede, Yogyakarta. Harga tiket dibandrol dengan harga weekday Rp. 20.000 per orang dan harga weekend Rp. 25.000 per orangnya.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Jogjayang dapat  Anda kunjungi. Semoga dapat menjadi referensi berlibur Anda. Terimakasih.