Indahnya Pesona Alam Embung Batara Sriten Yogyakarta

Yogyakarta selalu mampu menawarkan para pengunjungnya dengan pemandangan-pemandangan indah nan memukau. Hal itu sangat beralasan, karena Yogyakarta merupakan kota penyedia sejuta destinasi wisata. Baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata religi, dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata lainnya. Kali penulis akan membahas salah satu tempat wisata yang cukup menjanjikan keindahan pemandangannya untuk kamu kunjungi, wisata tersebut yaitu Embung Batara Sriten.

Embung yang satu ini masih tergolong wisata baru, dan masih dalam tahap pengembangan. Walaupun demikian, Embung Batara Sriten ini setiap harinya selalu ramai dikunjungi para wisatawan, karena suguhan pemandangannya yang memang tak perlu kamu ragukan. Embung Batara Sriten ini merupakan sebuah waduk kecil yang ada di puncak Gunung Kidul dan baru diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono x pada tanggal 17 Maret 2019.

Embung ini memiliki ciri khas sekaligus menjadi daya tarik tersendiri, yaitu bentuknya yang elips tak beraturan. Di kawasan Embung Batara Sriten ini dibangun perkebunan buah manggis dan kelengkeng, selain dijadikan tempat wisata, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penampungan air, yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk merawat perkebunannya saat musim kemarau tiba.

Bagi kamu para pencinta foto, tempat ini merupakan pilihan tepat, karena selain penampakan sunsetnya yang memukau, di tempat ini juga kamu akan mendapatkan view yang sangat cantik, yaitu pemandangan dengan latar depan telaga yang berbentuk seperti bumerang.  Selain itu, karena lokasi ini berada di daerah perbukitan, pemandangan bukit hijau yang berada di bawah bukit menjadi pelengkap pesona alam yang disuguhkannya. O ya, tempat ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat camping, dan rasakan bagaimana kesejukan udara yang akan kamu hirup nantinya.

Jika kamu datang bersama rombongan teman atau keluarga, tempat ini juga sudah disediakan gazebo dan bisa juga kamu fungsikan sebagai objek pengambilan gambarmu. Dan bagi kamu yang berkunjung bersama si kecil tercinta, tak perlu khawatir akan keamanannya ya, karena di area sekitar embung ini sudah dilengkapi pagar dengan peringatan serta larangan untuk tidak bersandar di sekitar pagarnya.