Gunung Bagus, Bukit Telletubies di Kabupaten Gunungkidul

 

Biasanya kita mengenal Gunungkidul dengan pesona pantainya yang luar biasa, dengan pasir putihnya yang cantik. Namun sesekali tidaklah ke pantai, ada pilihan lain yaitu Gunung Bagus. Sebuah tempat yang mirip dengan bukit telletubies ini selain sebagai tempat untuk melepas penat saat weekend, juga bisa digunakan untuk lokasi pemotretan prewedding kamu dan pasangan.

Lahan bekas hutan jati ini dimanfaatkan warga untuk dijadikan kebun jagung yang luasnya 80 hektar lebih. Warga sekitar tidak terpikir menjadikannya tempat wisata, namun Gunung Bagus sangat viral di media sosial sehingga mengundang wisatawan.

Lokasi Gunung Bagus ini terletak di Desa Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta. Atau sekitar 1 jam 22 menit jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi jalanan ramai lancar. Jika anda kesulitan menemukan lokasinya, bisa juga menggunakan bantuan Google Maps atau bertanya kepada masyarakat sekitar.

Gunung Bagus juga disebut-sebut menyerupai kawasan bukit Warinding di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Hamparan tanaman jagung yang berwarna hijau dan tinggi sedada itulah yang membuat gunung bagus kidul ini kemudian menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung.

Karena tujuan digarapnya Gunung Bagus bukanlah untuk objek wisata, maka tidak ada pungutan biaya untuk tiket masuknya. Hanya saja kita dikenai biaya parkir. Fasilitas pun tidak disediakan. Bila mencari warung pun cukup jauh dari lokasi. Jadi bagi anda yang hendak berkunjung ke Gunung Bagus, alangkah baiknya membawa bekal sendiri dari rumah. []