Grojogan Sewu; Air Terjun Bertingkat yang Eksotis di Yogyakarta

Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Yogyakara. Banyak wisata alam yang ditawarkan. Jenis-jenis wisata alam yang selalu menjadi target wisatawan biasanya adalah pantai, perkebunan, perbukitan, desa wisata, goa dan air terjun. salah satunya adalah Grojogan Sewu.

Selain air terjun Sidoharjo, Grojogan Sewu Kulon Progo adalah salah satu obyek wisata yang bisa direkomendasikan untuk anda kunjungi.

Grojogan Sewu berada di dusun Beteng, desa Jatimulyo, kec. Girimulyo, kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Dari Kota Yogja, perjalanan yang harus ditempuh menuju lokasi obyek wisata ini kurang lebih 1,5 jam. Untuk medan perjalanannya, ketika sudah tiba di desa Jatimulyo, kita akan melalui jalan berbatu sebelum sampai di destinasi.

Untuk rute menuju Grojogan Sewu Kulon Progo dapat dimulai dari titik Tugu Jogja. Dari titik ini Anda mengarah ke barat menuju Godean hingga berada di perempatan Kenteng. Kemudian jalan menanjak untuk menuju ke Pasar Jonggrangan. Saat di tibar di pasar, kita hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada menuju Goa Kiskendo dan kemudian berada di Air Terjun Grojogan Sewu Kulon Progo.

Keberadaannya yang di tengah hutan, air terjun ini memberikan daya tarik tersendiri. Jarak antara lokasi parkir kendaraan hingga menuju air terjun masih sekitar 250 meter yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jalanannya pun tidak seperti jalan setapak pada umumnya.

Yang bisa kita lakukan ketika berada di perjalanan menuju Air Terjun Grojogan Sewu adalah berfoto dengan suasana hutan sembari melepas penat di jalan.

Sesampainya di lokasi Grojogan Sewu Kulon Progo, tingkat paling atas air terjun bisa dimanfaatkan untuk mandi dan bermain air. Di sisinya juga terdapat sungai, tanpa air terjun yang juga bisa dipakai untuk bermain air.

Grojogan Sewu Kulon Progo bukanlah satu-satunya air terjun yang dinamakan demikian. Terdapat air terjun bertingkat lainnya yang dinamakan Grojogan Sewu seperti yang berlokasi di Malang dan daerah Jawa Tengah.

Grojogan Sewu Kulon Progo terbilang cukup baru untuk wisatawan karena baru. Sebelumnya, air terjun ini hanya dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan air sehari-hari saja. Sejak dikelola oleh pihak setempat, tahun 2015, Grojogan Sewu Kulon Progo menjadi pilihan salah satu obyek wisata air terjun yang favorit di Jogja.

Air terjun ini mulai dikenal banyak orang ketika mahasiswa UGM yang melaksanakan KKN di desa tersebut mempromosikan obyek wisata ini melalu media sosial dengan menyebarkan foto-fotonya.

Dengan tiket masuk seharga Rp.4000,- hingga kini air terjun itu selalu ramai, minimal pengunjung per-hari hingga 200 orang. Terlebih ketika liburan atau akhir pekan pada pukul 14.30 hingga 17.00 WIB.

Dengan pengelolaan yang dilakukan, kini terdapat beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung diantaranya ada gazebo untuk berteduh, mushala, toilet umum, dan tentu saja area parkir dengan biaya parkirnya Rp.2000,- []