Desa Brayut Desa Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Yogyakarta

Bagi Anda yang bosan dengan destinasi-destinasi wisata yang begitu-begitu aja, semisal bosan dengan pantai lah, pegunungan lah, wisata alam lah. Mungkin Desa Wisata yang satu ini bisa Anda jadikan alternatif pilihan, untuk mencoba nuansa liburan yang lebih unik. Desa wisata ini terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Ya, lagi-lagi Yogyakarta memberikan pilihan-pilihan lain bagi para wisatawan seolah mengerti, bahwa setiap orang memiliki seleranya masing-masing dalam hal menikmati liburan. Nama tepat Desa Wisata itu adalah Wisata Brayut, di sana terdapat ragam keunikan yang bisa Anda nikmati serta Anda pelajari.

Desa Wisata Brayut ini memiliki nilai kebudayaan yang tinggi, saat Anda mengunjungi Desa Brayut ini Anda akan diperkenalkan dengan alat-alat musik tradisional yang semakin jarang apalagi dikembangkan oleh kawla muda. Alat-alat musik itu di antaranya ada gamelan, suling dan masih banyak lainnya.

Karena mayoritas penduduk di sini bermata pencaharian sebagai petani, maka tidak ada salahnya untuk Anda mengetahui bagaimana mereka bekerja hingga turut merasakannya. Dan selain Anda disuguhkan beragam alat musik tradisional, di sana juga Anda bisa belajar aneka kerajinan tangan, warga di sana pun sangat ramah dan senang jika ada pengunjung yang datang.

Beberapa kerajinan tangan yang tersedia di sana di antaranya, kerajinan janur, Anda akan diajari dengan senang hati oleh penduduk sekitar bagaimana membuat hiasan tradisional dengan bahan dasar janur tersebut, ada juga kegiatan membatik dengan fasilitas yang lengkap. Tentu Anda juga bisa mempelajarinya sesuka hati.

Masih ada lagi yang lainnya selain alat musik dan kerajinan tangan, Desa Brayut ini juga menyediakan sanggar tari bagi Anda yang ingin mempelajari atau sekedar ingin tahu tarian-tarian tradisional yang dimiliki anak bangsa, tarian tersebut merupakan warisan budaya Indonesia loh.

Desa wisata Baryut ini berada diatas ketinggian 243 m diatas permukaan laut. Oleh sebab itu Desa wisata Brayut ini memiliki suhu sekitar 26 derajat celcius.