Candi Sambisari; Candi Unik di Bawah Tanah

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak bisa terlepas dari destinasi-destinasi wisata berupa candi, bagi sebagian orang khususnya wisatawan, mengunjungi candi-candi tertentu merupakan kepuasan tersendiri karena nilai dan sejarahnya yang tinggi. Tapi tidak sedikit juga bagi sebagian orang yang menganggap berlibur ke candi adalah aktifitas yang membosankan, apalagi jika berbicara Yogyakarta, destinasi yang menyuguhkan suasana candi identik dengan Candi Borobudur atau Candi Prambanan.

Sebenarnya banyak candi-candi lainnya di kota gudeg ini, yang belum banyak kamu dengar keunikan dan daya tariknya. Salah satunya adalah Candi Sambisari, candi ini bisa kamu jadikan sebagai tempat wisata cagarbudaya alternatif, saat kamu bingung memutuskan candi mana yang hendak kamu kunjungi lagi di Yogyakarta.

Beberapa daya tarik yang dimiliki Candi Sambisari dengan candi-candi lain yang ada di Yogyakarta adalah, letak candinya yang berada lebih rendah di bawah permukaan tanah alias menjorok ke bawah sekitar 5-6 meter. Saat kamu mengunjungi candi ini pun kamu harus menuruni anak tangga yang tersusun rapih yang jumlahnya mencapai puluhan, konon, Candi Sambisari ini menjadi salah satu candi terbesar yang dimiliki Yogyakarta.

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana awal mula candi ini dibangun atau bagi kamu yang menyimpan pertanyaan, mengapa Candi Sambisari berada di bawah permukaan tanah, jawabannya yaitu berkat seorang petani. Ya, petani itu bernama Karyowinangun yang kala itu sedang mencangkul di sawah, alih-alih ingin menggarap lahan sawah cangkulnya malah batu keras yang memiliki ukiran dipermukaannya. Mulai dari situ, dilakukanlah penelitian, pemugaran tempat sampai dilakukannya evakuasi area. Hampir 20 tahun dari proses-proses itu dijalani hingga akhirnya kini Candi Sambisari resmi dijadikan destinasi wisata.

Dari Candi Sambisari ini kamu bisa mengabadikan keindahan kawasan candi atau rupa candinya sendiri, dengan pemandangannya yang cukup apik ditambah dengan kerapian kawasannya yang terjaga bisa membuatmu betah untuk berlama-lama di sini. Kamu juga bisa menelusuri lebih detail hingga ke bawah bangunan Candi Sambisari, menikmati serta mempelajari kesejarahannya.