Candi Abang; Wisata Candi Lucu Berbentuk Bukit Teletubbies

Berbeda dengan candi-candi pada umumnya yang identik dengan pahatan relief atau patung, di Candi Abang ini yang akan kamu jumpai adalah pemandangan bukit yang unik, masyarakat mengenalnya dengan bukit telletubies. Keunikan lainnya dari candi ini adalah adanya batu bara merah yang menyerupai piramida, dengan alas 36×34 meter di bagian tengahnya terdapat sumur dan tangga masuk yang terbuat dari batu gamping. Asal mula dinamakan Candi Abang yaitu diambil dar kata abang, yang dalam Bahasa Jawa bermakna merah, hal itu didasari dari adanya susunan batu bata berwarna merah.

Saat kamu mengunjungi candi ini, kamu akan diakrabi dengan pemandang rumput hijau yang menutupi permukaan candi, bentuknya lebih menyerupai seperti bukit telletubies, sebuah sebutan yang memang lebih familiar terdengar di masyarakat ketimbang Candi Abang itu sendiri. Di sekitar kawasannya, kamu juga akan sering mendapatkan pemandangan kupu-kupu berterbangan di padang rumput yang menghampar luas. Saat petang hari, pemandangan senja di sini mampu membuatmu terpukau, suasananya pun masih terbilang sangat asri dan tenang.

Jika kamu berminat mengunjungi tempat wisata ini, waktu terbaik untuk mendatanginya adalah di saat fajar atau petang, karena pemandangan sunrise dan sunset yang disuguhkannya cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika kamu datang pada musim penghujan, rerumputan yang ada di sekitarnya akan tampak lebih subur dan segar menutupi permukaan bukit. Sedangkan pada siang hari, sinar matahari yang menerpa kulitmu cukup menyengat, disarankan untuk membawa topi atau payung.

Di kawasan ini juga diperbolehkan untuk kamu jadikan sebagai tempat piknik bersama keluarga atau rekan sejawat, namun yang perlu diperhatikan adalah di sini belum tersedia warung atau penyedia fasilitas lainnya. Jadi lebih baik kamu membawa tikar dan perbekalan makanan sendiri ya. Candi Abang ini berlokasi di Dusun Sentonoreji, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.