Bukit Pengilon; Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Bukit Pengilon menjadi salah satu destinasi wisata terbaik yang dimiliki oleh Gunung Kidul, jika kamu tahu atau sekadar pernah mendengar Pualu Jeju yang terkenal itu yang letaknya ada di Korea Selatan, kamu tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pemandangan serta keindahan yang tak kalah serupa dengannya. Namanya adalah Bukit Pengilon, wisata ini menawarkanmu sensasi perbukitan yang berada tepat di bibir pantai. Soal keindahannya? Tak perlu diragukan deh pokoknya.

Berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, yang kebanyakan berpasir putih dengan ditumbuhi pohon-pohon khas pantai. Bukit Pengilon adalah sebuah perbukitan dengan rerumputan yang menghampar luas, yang keberadaannya terletak di garis pantai selatan. Satu kelebihan dari pantai ini yaitu walaupun cuaca sedang dalam keadaann terik yang mengengat, kamu tetap bisa merasakan angin sepoi-sepoi di mana kesejukan anginnya dapat membantu meminimalisir terik cahaya matahari.

Dari atas Bukit Pengilon ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa, seperti pemandangan alam pantai kawasan Gunung Kidul, atau saat kamu mengarahkan pandangan ke arah barat kamu akan melihat pesona Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung. Sedangkan di arah timurnya, kamu bisa memandang dengan leluasa keindahan alam Pantai Wedi Ombo dan Pantai Watu Lumbung. Sejak kemunculannya di tahun 2012, Bukit Pengilon ini dengan cepat telah mendapatkan perhatian dari para wisatawan, hinggi kini pun lokasi ini tergolong ramai dikunjungi.

Dari area Bukit Pengilon ini juga kamu bisa melihat pemandangan hamparan birunya Samudera Hindia yang menghampar luas, pemandanganmu tidak akan terganggu karena di tempat ini tumbuhan-tumbuhan tinggi atau pepohonan terbilang minim. Kamu akan merasakan sensasi ketenangan yang mendamaikan di sini. Di pantai ini juga biasa digunakan oleh para wisatawan untuk berkemah, karena lokasinya sangat cocok serta mendukung. Untuk menuju ke Bukit Pengilon ini, kamu harus menuju ke daerah Wonosari, lokasinya yang menjorok ke arah timur dan mendekati perbatasan antara Yogya dengan Wonogiri, membuatnya terasa lumayan jauh jika kamu yang datang dari arah Kota Yogyakarta.