Bukit Pandawa: Tempat Asyik Berburu Matahari Terbit-Terbenam

 

Kamu pemburu matahari terbit dan terbenam? Berarti Bukit Pandawa Godean harus ada dalam daftar buruanmu.

Bukit yang terletak di Dusun Jering, Desa Sidorejo, Godean, Sleman ini memiliki kontur tanah yang jarang ada di tempat lain. Menurut Dr. Jatmiko, yang dikutip senayan post: kawasan Bukit Pandawa memiliki struktur geologi yang sangat langka. Ditemukan lava sisa gunung berapi purba yang diperkirakan usianya mencapai 30 juta tahun. Masih menurut Jatmiko struktur unik ini sangat jarang ditemukan ditempat lain.

Barangkali perbandingannya dengan Bayat Klaten. Namun diyakini yang ada di Bukit Pandawa lebih baik. Maka kita bisa berharap pemerintah akan membangun museum geologi untuk proses penelitian dan pembelajaran.

Kini Bukit Pandawa sering dipakai untuk berburu matahari terbit atau terbenam. Sering juga ada offroader yang sedang melakukan latiihan. Selain itu tempat ini pun cocok untuk senam pagi.

Lokasi Bukit Pandawa sangat mudah diakses: Dari pusat kota atau Tugu Jogja kamu meluncur ke arah Kulonprogo. Setelah melintasi Pasar Godean sekitar 500 meter nanti ambil arah kanan melalui Gerbang Dusun Berjo Lor.

Dari sini perjalanan masih lurus hingga bertemu dengan pertigaan Dusun Pare 2, kemudian ambil arah kiri. Dari situ lokasinya sudah dekat. Namun bila masih bingung, kamu bisa tanya ke warga setempat. Mereka akan membantu dengan senang hati.

Bila hendak berkunjung, sangat disarankan untuk datang pada Minggu pagi pasaran Pon. Karena bila lelah dengan aktifitasmu di sana, kamu bisa  melipir ke Pasar Godean untuk mengikuti Ponponan. Di Ponponan kamu bisa menemukan banyak hal selain kuliner: antara lain pasar burung dan tanaman. Ada juga klitikan dan sentra kuliner belut.