Bukit Klangon; Tempat Wisata Dekat Lereng Gunung Merapi

Belakangan ini terdapat 1 destinasi wisata yang sedang mendapat banyak perhatian dari masyarakat, letaknya di Sleman, Yogyakarta tepatnya di area Gunung Merapi. Nama destinasi wisata itu adalah Bukit Klangon, meski baru-baru ini mulai dikenal masyarakat luas, sebenarnya Bukit Klangon ini sudah dibuka secara umum sejak tahun 2011 yang lalu. Mulai terkenal karena di bukit klangon ini tersedia arena downhill, jadi tempat ini sangat cocok bagi kamu yang hobi bersepeda dengan memacu adrenalin.

Dari sini kamu bisa mendapatkan denga jelas pemandangan Gunung Merapi, jadi kamu tidak perlu capek-capek mendaki untuk sampai puncaknya. Sekadar informasi, Bukit Klangon ini dibuka setelah adanya musibah erupsi Gunung Merapi, lalu dikelola oleh warga sekitar dan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah setempat, dengan lebih banyak lagi membangun infrastruktur dan fasilitas-fasilitasnya yang terus dikembangkan.

Di Bukit Klangon ini terdapat gardu pandang, dengan latar belakang Gunung Merapi yang memukau. Gardung Pandang tersebut memiliki ketinggian sekitar 5 meter, dengan bahan bangunannya yang tegak dan kokoh. Seperti telah disebutkan, di Bukit Klangon ini juga sering mengadakan acara balapana sepeda, baik di tingkat regional maupun nasional. Berkat hal itu, Bukit Klangon menjadi area kebanggaan yang dimiliki Yogyakarta karena merupakan lintasan sirkuit downhill satu-satunya dan terbaik di Kota Gudeg ini.

Track yang tersedia sepanjang 20 Km, perjalanan track sepeda ini biasanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Obyek wisata yang satu ini terbilang lengkap, selain menyajikan pemandangan yang apik, juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga yang jarang dimiliki Indonesia. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati sensasi perbukitan, dengan suguhan alam Gunung Merapi yang mampu memikat hati. Jika kamu ingin mengunjungi Bukit Klangon ini, cobalah datang pada pagi hari atau lebih tepatnya pada waktu subuh dan kamu akan mendapatkan pemandangan yang istimewa dan mampu membuatmu ingin mendatanginya lagi dan lagi.