Brown Canyon di Semarang Tak Kalah Menawan Dengan Grand Canyon di Benua Amerika

 

 

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang menyuguhkan kekayaan alam yang melimpah, di dalamnya terdapat beberapa daerah atau kabupaten yang cukup populer di telinga para wisatawan. Ada Malang dengan Batu nya, Pacitan dengan pantainya dan masih banyak lagi.

Nah kali ini ada salah satu kabupaten di daerah Jawa Tengah yang juga tak kalah indahnya, yaitu Semarang. Di kota bandeng ini terdapat beberapa nama wisata yang cukup beken, di antaranya Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk, Gunung Ungaran. Tapi bukan nama-nama itu yang akan kami bahas, melainkan Brown Canyon, salah satu tempat andalan untuk dijadian spot prewedding.

Kalau kamu familira dengan Grand Canyon, ngarai tebing-terjal yang menjadi salah satu icon di Benua Amerika sana, Brown Canyon digadang-gadang sebagai destinasi serupa hanya saja kamu tidak usah jauh-jauh ke sana, karena di Semarang juga ada kok. Karena di sana terdapat tebing-tebing tinggi yang memang sekilas nampak nyata menyerupai Grand Canyon.

Wisata alam Brown Canyon ini terbentuk akibat proses alam dan juga galian yang dilakukan oleh para penambang lebih dari 10 tahun, hinggi kini pun para penambang masih mengais rejeki dari sana. Para penambang itu umumnya datang dari Semarang dan Jawa Tengah, maka tak heran kawasan ini sebenarnya bukanlah kawasan wisata murni yang disediakan oleh pemerintah.

Brown Canyon ini fungsi awalnya memang bukan untuk wisata, melainkan hanya area perbukitan biasa dan tebing-tebing tinggi yang ada di daerah sekitar Rowosari di Tembalang. Kawasan ini seringkali menjadi buruan menarik para backpacker, hal itu tentu sangat beralasan karena kemegahan alamnya yang mempesona, serta hamparan tebing-tebing tinggi yang tidak banyak dimiliki tempat-tempat wisata lainnya, tentunya sangat mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Tempat ini juga pernah masuk ke dalam acara My Trip My Adventure loh.