Bersantai dan Bersenang-senang di Puri Mataram

Bila kamu sedang berlibur di Yogya bersama keluarga dan bingung mau ke mana, tenang, kota ini tak pernah kehabisan jawaban. Sebentar lagi kita akan membahas objek wisata yang tak kalah seru dibanding objek wisata lain, dan harus ada dalam daftar kunjunganmu bersama keluargamu. Nama tempat wisata ini Puri Mataram. Sebuah taman wisata berlatar alam asri lengkap dengan menu kuliner yang mengoda dan yang pasti murah.

Puri mempunyai makna filosofis sebuah tempat dengan taman, air, ayunan, dan tempat tinggal yang nyaman di dalamnya. Sementara makna Mataram mengacu pada konsep kerajaan Mataram tempo dulu, di lihat dari bangunannya yaitu pendopo dan limasan.

Puri Mataram dibangun di atas tanah seluas 4,5 hektar Taman dengan konsep bunga ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Begitu sampai di gerbangnya, kamu akan merasakan suasana khas Kerajaan Mataram Jogja. Kamu dan keluarga dapat memesan menu kuliner sambil beristirahat menikmati pemandangan indah di pendopo Limasan. Selain taman bunga, wisatawan juga akan disuguhi hamparah persawahan hijau yang menenangkan dan menyejukkan.

Bila perut sudah siap memulai petualangan, segeralah jajal wahana permainan di Puri Mataram; Taman Bunga dengan tugu Jogja, Taman Kelinci, Becak Air, Kolam Tangkap Ikan, Kitiran dan Terapi Air. Di Puri Mataram ada juga taman kelinci. Kamu bisa bebas memberi mereka wortel ataupun makanan kesukaan kelinci lainnya. Tentunya ini akan menambah keceriaan berliburmu.

Nah, bila kamu dan keluarga datang ke Puri Mataram pada hari Minggu, akan ada sesuatu yang berbeda di sini. Akan ada  berbagai macam kudapan khas Jogja, kerajinan tangan, hingga pakaian, yang dijual di pasar bernama Pasar Ndelik. Namun untuk bertransaksi di Pasar Ndelik ini, kamu harus menukarkan uang Rupiah ke uang pandel (uang pandel dari bahan kayu).

Puri Mataram berlokasi di utara Kota Jogja, tepatnya di Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Harga yang harus kamu bayar untuk berlibur Puri Mataram hanya dikenakan ongkos retribusi sebesar 5k. Sedangkan untuk tiket bermain di setiap wahananya dikenakan ongkos 10k per wahana. Harga menu Makanan di Puri Mataram ini berkisar 16k hingga 20k. Sedangkan uang Pandel seharga 1k per 1 Pandel.