Berpetualang di Goa Jomblang Yogyakarta

Salah satu daerah di Yogyakarta yang menyimpan banyak wisata goa yang memukau ada di Gunung Kidul, mulai dari Goa Pindul yang terkenal, Goa Tanding, Goa Rancang Kencono, dll. Dan masih ada destinasi goa yang juga tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, goa tersebut adalah Goa Jomblang. Bentuk Goa Jomblang sendiri berbentuk vertikal, disebabkan oleh permukaan tanahnya yang runtuh. Akibat runtuhnya, tidak membuat tanaman di sekitarnya menjadi hancur, malahan tumbuh sempurna dan tampak cantik dari bawah goa.

Tumbuhan-tumbuhan tersebut tumbuh semakin lebat dan rindang di permukaan bawah goa, sehingga seperti membentuk hutan di dalamnya. Hutan di dalam Goa Jomblang itu pun cukup terkenal, masyarakat menyebutnya dengan hutan purba. Pada tahun 2011, goa ini pernah dijadikan tempat syuting oleh amerika, tepatnya untuk sebuah acara game show mereka. Tempat ini dipilih karena adanya keindahan cahaya matahari yang masuk ke dalam goa, dan juga terbilang objek yang langka. Cahaya matahari itu pun mendapat julukan, yakni cahaya dari surga.

Ada banyak keseruan yang bisa kamu dapatkan dari tempat wisata yang satu ini, salah satunya adalah susur goa. Terdapat beberapa akses yang bisa kamu lalui untuk menyusuri goa ini, yaitu akes VIV, akses A, B dan C. Untuk kamu yang ingin mendapatkan pengalaman berharga, akses VIV sangat disarankan. Karena kamu akan menyusuri goa dengan berjalan kaki, kemuidan turun dari ketinggian sekitar 20 meter. Tak perlu cemas saat kamu ingin menyusuri goa ini, karena pemandu sudah menyediakan peralatan lengkap seperti SRT (Single Rope Tehnique) yang aman.

Kamu juga bisa berpetualang menyusuri lorong yang ada di sana, lorong tersebut menghubungkan 2 goa sekaligus, yakni Goa Jomblang dan Grubuk. Lorong itu tersusun atas bebatuan yang panjangnya sekitarĀ  300 meter berhiaskan stalaktit dan stalagmit, dan yang lebih seru lagi kamu akan melihat kristal. Goa jomblang ini menjadi ikonv di kawasan geopark Gunung Sewu setelah ditetapkan sebagai anggota Geopark Network.