Berlibur dan Menjaga Lingkungan di Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Kini mulai marak berbagai gerakan berbasis lingkungan. Entah itu yang sifatnya komersial maupun nirlaba dan murni bentuk imbauan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitarnya karena iklim bumi sudah mulai tidak baik-baik saja.

Nah, ada juga nih objek wisata berbasis eco-wisata di Yogyakarta. Apa itu eco wisata? Itu adalah objek wisata yang dalam pembangunan dan pelestariannya tidak merusak atau mengeksploitasi alam sekaligus memberi pengaruh yang baik bagi masyarakat sekitar, secara ekonomi.

Taman Sungai Mudal namanya. Lokasinya di Kulon Progo, tepatnya di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo. Konservasi Taman Sungai Mudal dimulai dari inisiatif warga setempat untuk mau bersama-sama membangun lingkungan ini. Sungai Mudal yang berada di semak belukar hutan kemudian dibersihkan dan dibikin sedemikian rupa sehingga daya tarik wisata yang muncul menjadi luar biasa. Hasil dari upaya tersebut, Taman sungai Mudal menjadi salah satu wisata terbaik kabupaten bahkan Provinsi Yogyakarta.

Sejak saat itu, Taman Sungai Mudal tak pernah sepi pengunjung dan hal ini berimbas baik bagi ekonomi masyarakat setempat. Namun ramainya pengunjung tidak membuat Taman Sungai Mudal menjadi tak terkelola, justru karena sudah dicontohkan oleh warga yang senantiasa menjaga lingkungan, para pengunjung pun menjadi mau diajak bekerja sama untuk tidak mengotori tempat wisata tersebut. Warga dan wisatawan sama-sama senang.

Taman sungai Mudal memiliki keindahaan yang tak terperikan. Airnya berasal dari mata air bawah tanah dan memiliki gradasi warna biru tosca yang berbeda dengan sumber air alami di tempat-tempat lain. Selain itu, terdapat beberapa kolam yang bisa dinikmati bersama dengan fasilitas wahana permainan air.

Saat musim hujan, volume aidi sungai Mudal bertambah sehingga bagi yang gemar bermain wahana air, volume air yang bertambah memberikan sensasi yang lebih menggembirakan. Untuk pemandangan gradasi warna yang bagus, biasanya dapat ditemui pada saat pagi hari sesudah gelap dan sore hari sebelum gelap, karena sinar matahari yang tidak terlalu banyak. Sedangkan pada saat siang, warna gradasi tidak terlalu tampak karena sinar matahari terlalu melimpah.

Untuk mencapai Taman Sungai Mudal, dari Kota Yogya kamu bsa menempuh jalur menuju Godean. Ikuti penujuk arah yang ada untuk menuju ke area Sungai Progo. Kemudian menuju ke arah Goa Kiskendo. Saat berada di pertigaan Goa Kiskendo masih diteruskan hingga bertemu pertigaan hutan pinus. Dari sini terdapat cukup petunjuk untuk menuju Taman sungai Mudal.