Berakhir Pekan di Pantai Ngrawe

Seperti telah kita ketahui, Gunung Kidul Yogyakarta merupakan kawasan yang menyimpan objek-objek wisata yang seakan tak pernah habis dijelajahi. Setiap tahunnya selalu saja ada objek wisata baru bermunculan dan dibangun, terutama pantainya.

Nah, kali ini kita akan membahas pantai baru yang sedang hits di kalangan wisatawan. Namanya Pantai Ngrawe yang berlokasi di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Ngrawe memiliki pasir pantai putih dan dikelilingi pemandangan yang sedap di pandangan. Namun, pemandangan saja tak akan pernah lengkap bila fasilitasnya tidak memadai, bukan? Nah, menariknya di pantai ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, seperti gazebo, gardu pandang, mushala, serta puluhan bangunan tempat pedagang menjajakan makanan.

Tak hanya itu, begitu masuk ke kawasan pantai ini, kita akan disambut dengan hamparan rumput hijau layaknya taman-taman kota. Pantai dan taman, perpaduan yang unik sekali, kan? Di sekitar taman, ada kursi-kursi yang diletakkan di beberapa titik, juga pohon palem yang menambah suasana teduh.

Menurut penuturan warga setempat, Pantai Ngrawe belum rampung dibangun, masih ada beberapa hal yang belum dilengkapi. Namun meski begitu, hal itu tidak menjadi penghalang bagi para wisatawan untuk berlibur ke pantai ini.

Meskipun dikelolal investor dari luar daerah, seorang pedagang di sana mengatakan pihak pengelola membuatkan gazebo khusus untuk warga dan tempat untuk berjualan. Sehingga ia merasa pihak pengelola juga berusaha melibatkan warga mengembangkan potensi wisata yang ada di Pantai Ngrawe. Sehingga dengan adanya fasilitas tersebut, warga jadi mempunyai perasaan memiliki, dan membuat mereka pun akan dengan sukarela menjaganya.