Air Terjun Seribu Batu; Air Terjun Unik Yang Ada di Bantul Yogyakarta

Kabupaten Bantul menjadi salah satu kabupaten di Yogyakarta yang tidak pernah bosang menghadirkan potensi-potensi wisata alam yang baru. Tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, sejarah, religi atau pantainya saja, Bantul juga memiliki banyak wisata air terjun yang menarik untuk kamu kunjungi. Akhir-akhir ini, terdapat satu air terjun yang namanya sering diperbincangkan oleh para wisatawan karena suguhan keindahan alamnya yang menjanjikan. Nama air terjun tersebut adalah Air Terjun Seribu Batu.

Nama seribu batu itu sendiri berasal dari jumlah bebatuan yang sangat banyak di sepanjang aliran sungainya, dan tidak sekadar banyak, batu-batu itu juga memiliki ukuran-ukuran yang beragam, mulai dari yang kecil-kecil hingga yang berukuran sangat besar. Menurut cerita, batu-batu tersebut berasal dari letusan Gunung Api Purba Nglanggeran pada jutaan tahun yang lalu. Air Terjun Seribu Batu juga sering disebut dengan Air Terjun Cengkehan karena lokasinya memang berada di Dusun Cengkehan.

Air Terjun Seribu Batu memiliki tinggi sekitar 8 meter, dengan kedalaman kolam yang berada di bawah air terjunnya sekitar 1 meter. Kolam tersebut terbentuk karena gerusan air yang ada dalam waktu yang sangat lama, dan tentunya kamu bisa menggunakan kolam ini untuk mandi dan berenang atau sekadar bermain air. Kamu dapat menikmati keindahan air terjun di sini sembari melihat suasana hutan alami dan suasana pedesaan yang jauh dari polusi perkotaan.

Konon Air Terjun Batu ini dipercaya memiliki banyak manfaat, di antaranya airnya dapat mempererat hubungan suami istri dan juga dapat membuat pengunjung terlihat awet muda. Ditambah lagi, kondisi iklim setempat yang sejuk, pemandangan alamnya yang asri, air pegunungannya yang jernih serta diiringi dengan pepohonan hijau, dijamin akan membuatmu betah berlama-lama dan enggan untuk beranjak segera.